Operasi katarak gratis tanjungpinang 2 November 2013

Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Tanjungpinang akan menggelar operasi mata katarak gratis, November mendatang. Operasi katarak ini diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam di sela acara Peringatan Hari Jadi ke-12 Kota Otonom Tanjungpinang di Gedung Perpustakaan Koata Tanjungpinang, Kamis (17/10) kemarin.

“Jadi, bagi masyarakat kota Tanjungpinang yang menderita penyakit mata katarak dan tidak mampu, dipersilahkan datang ke Rumah Sakit Provinsi Kepri di KM 7, Tanjungpinang pada 2 November 2013 mendatang. Guna mendapatkan operasi mata katarak secara gratis,” jelas Rustam.

Ia menjelaskan, kegiatan yang akan digelar ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemko Tanjungpinang bersama salah satu stasiun televisi nasional dan Yayasan Peduli Kasih.

Pelaksanaan operasi katarak ini, kata Rustam, akan dilaksanakan sejak pagi hingga malam hari dan ditangani oleh tujuh dokter spesialis mata dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia.

Rustam mengatakan, penderita katarak di Kota Tanjungpinang cukup banyak, namun ia mengaku tidak mengetahui datanya saat ini. Penyakit katarak diharapkan akan teratasi sebelum tahun 2020 sesuai visi 2020, masyarakat di seluruh Indonesia terbebas dari penyakit katarak.

“Memang penyakit katarak tidak bisa diberantas habis, karena terus timbul seiring kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan dan pola hidup sehat,” imbuh Rustam.

Dinas Kesehatan Masyarakat yang mendaftar untuk operasi katarak mencapai lebih dari seratus orang. Namun, menurut Rustam, yang memenuhi syarat untuk bisa dioperasi hanya sekitar 50 orang.

“Kita menargetkan lebih dari seratus penderita. Siapa saja bisa mendaftar diutamakan orang yang tidak mampu. Karena bila operasi sendiri biayanya tinggi sekitar lima sampai tujuh juta. Jadi sayang kalau program ini tidak dimanfaatkan,” tutupnya.

Sumber haluankepri

Iklan