Operasi Katarak Gratis 26 September Rejang Lebong

Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan kembali menggelar program operasi katarak gratis bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia. Hal itu dijelaskan Direktur RSUD Curup Almaini, SKM kepada Bengkulu Ekspress, Jum’at (20/09). “Kegiatan ini kita laksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 26 – 28 September 2013, dan bisa diikuti semua warga Rejang Lebong yang menderita penyakit katarak,” ungkapnya.

Sejauh ini, sambung Almaini, persyaratan peserta operasi katarak merupakan warga Kabupaten RL, dibuktikan dengan KTP, Kartu Keluarga, dan direkomendasikan oleh Pukesmas terdekat domisili. “Untuk peserta hingga saat ini belum ada batasan, semampunya akan dilayani,” tegas Almaini.

Beberapa dokter yang tergabung dalam Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia akan datang ke Kabupaten RL, memeriksakan persyaratan teknis calon pasien operasi katarak. “Untuk syarat teknik, mungkin dokter yang akan menentukan, misalnya soal fisik pasien, deteksi penyakit apakah benar penyakit mata, untuk menjamin proses oprasi bisa berjalan lancar,” katanya.

Sejauh ini, kegiatan sosial operasi penyakit mata katarak dilakukan Pemerintah Kabupaten RL, bersama persatuan dokter ahli mata Indonesia setap tahun. “Ini sudah tahun ke 3. Menjadi kebagaan kita karena RL menjadi tujuan untuk program sosial yang tujuannya untuk membantuk masyarakat yang terjangkit katarak, khususnya mereka yang memiliki ekonomi kurang mampu,” tuturnya. (999)