Operasi Katarak Gratis Klaten 7-8 Desember 2012

KLATEN–Sejumlah elemen masyarakat  lintas iman Kabupaten Klaten yang  terdiri dari FKUB Kebersamaan, Greja Kristen Indonesia (GKI) Klaten, Lakpesdam  NU, Greja Kristen Jawa (GKJ) Klaten, dan beberapa elemen masyarakat lain, akan menggelar kegiatan sosial  berupa operasi katarak gratis.Kegiatan tersebut rencananya dilakukan pada 7-8 Desember 2012.

Salah satu panitia acara, Jazuli A Kasmani, mengatakan aksi itu digelar agar warga tak mampu yang menderita katarak dapat dioperasi. Untuk target peserta, Jazuli, menuturkan 100 orang. Para peserta, lanjutnya, berdomisili di wilayah Klaten dan sekitarnya.

Sementara terkait persyaratan, warga harus mendaftar dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari ketua RT atau kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas). Sedangkan untuk pendaftaran nantinya akan dilayani di 15 titik yang ada di Kabupaten Klaten.

“Pelaksana operasi rencananya akan dilakukan oleh Persatuan ahli dokter mata Indonesia (Perdami) Jawa Tengah, yang akan dipimpin oleh dr Elisa S Manueke, Sp M (Direktur RS AU Adisumarmo, Solo).  Untuk lokasi operasi akan dimulai 08.00 WIB di Wisma Narwastu, depan Kodim Klaten,” kata Jazuli, kepada wartawan, Senin (8/10/2012).