RS Advent Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Rumah Sakit Advent Bandar Lampung kembali menggelar operasi bibir sumbing atau celah bibir gratis. Setiap tahun, sejak 2010, RS Advent bekerja sama dengan lembaga The Smile Train menggelar program operasi bibir sumbing gratis, termasuk tahun ini.“Pada tahun 2012, pelayanan program operasi bibir sumbing gratis tetap kami lakukan, baik untuk warga Bandar Lampung maupun di luar Bandar Lampung. Program ini juga sudah kami lakukan sejak tahun 2010,” kata Direktur RS Advent Ronal Lisal, Selasa (11-9), kepada Lampung Post.

Ronald menambahkan penderita bibir sumbing bisa langsung mendatangi RS Advent di Jalan Teuku Umar No. 48, Bandar Lampung, hari Senin sampai Kamis, mulai pukul 08.00—10.00. Phone: (0721) 703 459
Fax: (0721) 786 349

Syarat menjadi peserta program ini antara lain penderita minimal berusia lima bulan atau berat badan 10 kg dan dalam kondisi sehat. Kemudian mendaftar ke bagian pendaftaran, melakukan pemeriksaan fisik di Poli Bedah, lalu konsultasi medis atau pemeriksaan medis oleh dokter spesialis bedah umum.

Selanjutnya, pemeriksaan laboratorium dan x-ray (rontgen) sesuai anjuran dokter spesialis, dan penjadwalan pelaksanaan operasi. “Tidak perlu menyerahkan surat keterangan keluarga tidak mampu atau surat rujukan dari puskesmas atau rumah sakit lain. Dengan kondisi sehat, penderita bisa langsung ditolong (operasi),” kata dia.

Ronal menambahkan setelah dilakukan operasi dan sebelum pasien pulang akan diberikan obat jalan dan ongkos pulang. Apabila diperlukan untuk pemulihan pascaoperasi, penderita bisa dirawat inap selama satu malam di RS Advent.

Pada tahun ini, pelayanan program operasi bibir sumbing gratis lebih ditingkatkan dengan memberikan bantuan tambahan berupa biaya transportasi dari tempat asal ke RS Advent dan kembali ke tempat asal untuk penderita bibir sumbing berikut orang tuanya.

Kemudian menanggung makan tiga kali sehari bagi penderita bibir sumbing berikut orang tuanya. “Untuk tahun ini sudah ada 50 pendaftar, sebagian sudah dioperasi. Mayoritas penderita anak-anak di bawah umur tiga tahun,” kata dia.

Diketahui, program The Smile Train dengan RS Advent adalah program pelayanan operasi bibir sumbing secara gratis di rumah sakit setempat. Biaya operasi, obat-obatan, dan lainnya ditanggung sepenuhnya oleh pihak The Smile Train. (MG5/K-2)

Sumber