Operasi Katarak Gratis Malinau Oktober 2012

DINAS Kesehatan (Diskes) Malinau akan menggelar operasi katarak secara gratis bagi masyarakat Malinau yang tersebar di 12 kecamatan. Penjaringan terhadap peserta operasi katarak sedang berjalan di setiap kecamatan.Kepala Diskes Victor Immanuel Wairisal mengungkapkan, operasi katarak ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu. Saat ini katanya, dalam penjaringan peserta. Operasi ini dilakukan petugas kesehatan di Pusat  Kesehatan Masyarakat (PKM) setiap kecamatan.

”Untuk penjaringan, PKM di setiap kecamatan yang melaksanakan. Saat ini kita (Diskes) juga masih menunggu laporan dari masing-masing puskesmas (PKM) di setiap kecamatan. Mereka juga masih melakukan penjaringan,” ujarnya, didampingi Kabid Promosi Kesehatan H Nursalam.

Untuk pelaksanaannya, sambung Victor, dijadwalkan pada Oktober. Yakni saat pelaksanaan Irau. Karena waktu masih cukup lama, dia berharap akan semakin banyak peserta yang terjaring.  

Dia menjelaskan, operasi ini gratis bagi siapapun. Tapi untuk biaya transportasi dari rumah ke rumah sakit dan kembali ke rumah setelah operasi katarak, ditanggung keluarga pasien atau penderita katarak.

”Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak peserta operasi yang berasumsi semua biaya, termasuk biaya transportasi datang ke lokasi operasi dan pulang lagi ke rumah setelah operasi, ditanggung panitia. Padahal tidak,” jelasnya.

Sumber kaltimpost

Iklan