Operasi Hernia dan Bibir Sumbing Gratis Palangkaraya 1-2 Mei 2012

PALANGKARAYA, KOMPAS.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Doris Sylvanus, Palangkaraya, Kalimantan Tengah akan mengadakan operasi hernia dan bibir sumbing gratis. Operasi akan diadakan tanggal 1-2 Mei 2012 dan diprioritaskan untuk masyarakat tak mampu.

Direktur RSUD Dr Doris Sylvanus, Suprastija Budi di Palangkaraya, Kalteng, Jumat (27/4/2012), mengatakan, lebih kurang 20 dokter dan perawat akan menangani operasi tersebut. Hingga saat ini, sebanyak 53 pasien bibir sumbing dan 22 pasien hernia sudah mendaftar.

“Kalau harapan kami, jumlah pasien bibir sumbing yang mendaftar sebanyak 50 orang, demikian pula hernia. Tapi, tak apa-apa kalau ada yang mendaftar lagi,” katanya. Asal d aerah pasien yang sudah mendaftar itu merata dari berbagai kabupaten/kota di Kalteng.

Kesehatan pasien diperiksa terlebih dulu untuk mengetahui kelayakan menjalani operasi. Budi mengatakan, sebanyak dua ruang operasi disiapkan. Dokter-dokter yang bertugas memiliki spesialisasi antara lain anestesi dan bedah. Operasi tersebut didukung Yayasan Obor.

“Yayasan itu mengirimkan beberapa dokternya. Sebelumnya, kami juga melakukan operasi katarak gratis tanggal 24-25 April 2012. Operasi berjalan lancar,” katanya.