Operasi Gratis Menado 31 Mei sampai 15 Juni 2012

Manado-Ini merupakan berita baik dan kesempatan bagi warga Sulut, terutama bagi mereka yang memiliki keluhan penyakit yang harus dioperasi. Pasalnya, US Navy Hospital Ship (USNS) Mercy akan melaksanaan operasi pembedahan pasien selama pelaksanaan Pacific Partnership di Kota Manado 31 Mei hingga 15 Juni 2012.

“Kapal USNS ini akan merapat ke Teluk Manado tanggal 31 Mei 2012,” ungkap Ketua Panitia Lokal Pelatihan Penanggulangan Bencana Pacific Partnership, Letkol Pnb Jorry Koloay, usai rapat koordinasi panitia di ruang World Ocean Conference (WOC) kantor gubernur, Selasa (17/04).

Kehadiran USNS Mercy, kata Koloay, untuk mendukung operasi pembedahan penyakit seperti bibir sumbing, katarak, bedah tulang, telinga, mata, dan hernia.”Karena itu sekarang ini kami sementara memersiapkan seluruh personil, perangkat dan prasarana serta standart operastional procedure (SOP) masing-masing instansi yang akan terlibat di dalamnya,” kata Koloay.

Mengenai pasien yang akan melakukan pembedahan di kapal USNS Mercy, jelasnya, harus melakukan screening awal sehingga tidak akan berdampak pada buruk pascaoperasi.”Panitia juga sudah memerhitungkan dampak buruk yang akan terjadi pascaoperasi. Misalkan saja ada pasien yang meninggal. Semua akan diantisipasi,” katanya.

Tak hanya itu, tegas Koloay, pasien yang akan naik meja operasi harus memiliki data kesehatan seperti bebas penyakit menular HIV/AIDS serta penyakit hepatitis dan TBC.”Untuk pengangkutan pasien dari dermaga ke kapal USNS Mercy akan disediakan. Dan semua pasien ini berangkat dari Kota Manado,” katanya.

Dia menjelaskan, selain melakukan pembedahan di atas kapal USNS Mercy, petugas medis juga akan melaksanakan bakti sosial di darat berupa pengobatan dan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat. Tentunya, berkooordinasi dengan pihak terkait termasuk mabes TNI.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sulut dr Maxi Rondonuwu menambahkan, pihaknya telah menyurat ke kepala dinas kesehatan Kabupaten dan Kota agar mendata pasien yang akan di datangkan.”Tentunya setelah memastikan selesai di sceering. Kami berharap, yang diutamakan adalah keluarga yang kurang mampu”ujarnya.

Sumber