Operasi Katarak Gratis untuk Dhuafa

CIPUTAT – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC Dompet Dhuafa) berkerjasama dengan RS Bakti Asih, Cileduk, Tangerang, melakukan pelayanan operasi katarak gratis untuk pasien-pasien tidak mampu yang terdaftar menjadi member LKC.

Menurut Rahayu Rahmani, Kepala Keperawatan dan Rujukan LKC Dompet Dhuafa, operasi ini dilakukan hampir setiap minggu, sejak 29 Mei 2011.

“Dari awal kerjasama  sampai sekarang sudah lebih 50 pasien katarak yang dioperasi secara cuma-cuma,” tutur Rahayu ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/4/2012)

Di sisi lain, Slamet, 67 tahun, warga Cinangka, Sawangan Depok mengaku senang setelah mendapat operasi katarak gratis ini.

“Alhamdulillah saya termasuk orang yang beruntung, setelah operasi mata, saya sudah dapat menikmati indahnya dunia kembali, ” ungkap Slamet, 67 tahun.

Awalnya Slamet tidak tahu penyakit apa yang ia derita karena penglihatan matanya semakin lama semakin kabur dan akhirnya tidak bisa melihat sama sekali.

“Saya berada dalam kegelapan selama bertahun-tahun,” tambahnya.

Diceritakan Slamet, setelah menjadi member LKC, ia memeriksakan matanya ke dokter di LKC Dompet Dhuafa. “Kata dokter saya menderita katarak dan harus dioperasi,” tuturnya.

Semula Slamet sempat berfikir ulang untuk dioperasi, karena biaya untuk operasi itu mahal, ia mengaku tidak sanggup untuk membiayainya. “Saya pilih pasrah, karena nggak ada biaya,” katanya.

Namun setelah mendapat penjelasan dari dokter, kalau operasi yang akan dilakukan kepadanya tidak dipungut biaya sama sekali, Slamet senang tak terkira. Ia bergegas pulang dan segera mengabarkan kepada anaknya. Selanjutnya sang anaklah yang mendampingi proses operasinya Slamet.

Tepatnya Minggu (26/2/2012), Slamet selesai dioperasi, setelah kontrol dua kali dalam seminggu, pasca operasi itu, ia pun merasakan manfaatnya dengan sempurna. Ia sudah dapat melihat kembali senyuman anak cucunya.

sumber

Iklan